Dalam Bluemix sendiri disediakan lingkungan layanan Cloud yang mudah diakses untuk menggunakan API dan UI yang tersedia untuk membangun seb...

Pengenalan UI Bluemix Dashboard

Dalam Bluemix sendiri disediakan lingkungan layanan Cloud yang mudah diakses untuk menggunakan API dan UI yang tersedia untuk membangun sebuah aplikasi. UI pada Bluemix hanya disajikan dengan Bahasa Inggris.

Pada akun Bluemix, Anda dapat memanfaatkan layanan untuk mengotorisasi pengguna lain untuk berkolaborasi pada aplikasi yang dibuat. Otorisasi tersebut termasuk kemampuan untuk menyebarkan aplikasi, memilih layanan tambahan, dan layanan yang menimbulkan biaya yang terkait dengan akun.

1. Dashboard View. Pada menu Log In, halaman untuk memasukkan email dan password dibuat terpisah. Anda harus memasukkan email terlebih dahulu setelah itu klik Continue untuk memasukkan password Anda.

2. Setelah Log In, pada halaman dashboard Anda dapat mulai membuat aplikasi dengan klik Create Application. Pada dashboard, pojok kiri atas (kotak warna hijau disebelah logo Bluemix) terdapat menu untuk menelusuri Apps, Services, Infrastructure, Dashboard, Cloud Foundry Apps, dan Mobile.


3. Kemudian, angka yang berada di bagian kanan atas pada Dashboard, merupakan keterangan untuk sisa hari bagi pengguna free trial. Jika diklik, maka pop-up keterangan akan muncul dengan tambahan didalamnya pilihan untuk menambah kartu kredit atau kode promo.

4. Lalu pada menu Catalogue, Anda dapat melihat semua kategori layanan yang disediakan Bluemix untuk penggunanya. Mulai dari Infrastructure, Apps, dan Services. Anda juga dapat langsung mencari layanan apa yang akan digunakan dengan kolom Search dan mem-filter apa yang Anda cari.


6.Kemudian, jika Anda mengklik Support pada dashboard di bagian atas kanan, maka terdapat layanan untuk:
●Add Tickets
Memudahkan Anda untuk dapat langsung meminta Support atau mengontak sales.
●View Tickets
Anda akan langsung dihubungkan ke halaman IBM Client Success Portal untuk menampilkan support tadi.
●Find Answers
Jika Anda mengalami kesulitan menggunakan layanan Bluemix, maka Anda dengan mudah dapat mencari jawabannya, salah satunya dengan mengirim pertanyaan langsung ke akun Stack Overflow Anda.
●Status
Anda dapat melihat status sistem akun Bluemix Anda dan event yang terjadi. Ada 3 status yaitu No known issues, Some issues, dan No status.

7.Pada dashboard Account, terdapat pilihan layanan sebagai berikut:
○ Notifications
Anda dapat menyesuaikan notifikasi untuk event dan maintenance yang telah direncanakan.
○ Team Directory
Melihat status akun Anda sebagai owner dan akun anggota tim. Pada menu ini, Anda dapat mengatur jenis organisasi dan 3 status yaitu Billing Manager, Manager, dan Auditor.
○ Invite Team Members
Anda dapat memilih sebuah organisasi untuk anggota tim baru Anda. Kemudian melihat undangan yang tertunda.
○ Usage Dashboard
Melihat betapa sibuknya apps yang anda bangun. Mulai dari status penggunaan Runtime, Containers, dan Services Instances.
○ Billing
Pada menu ini, Anda akan mendapatkan informasi mengenai status akun dan aplikasi Anda. Aplikasi Anda yang telah dibangun akan berhenti pada akhir trial kecuali jika Anda menambahkan kartu kredit atau kode promo. Tambahkan kartu kredit Anda atau membuat akun berlangganan untuk menikmati layanan gratis dan hanya membayar untuk apa yang Anda gunakan di atas tunjangan gratis.
○ Manage Organizations
Anda dapat melakukan manajemen pada organisasi yang telah Anda buat di akun Bluemix Anda.

8. Lalu pada bagian dashboard kanan paling atas, terdapat menu untuk melihat keterangan:
Pada menu tersebut yang dapat diganti adalah Region saja. Selain itu Anda dapat me-manage organisasi pada Manage Organizations dan membuat space pada Create a Space.

9.Jika Anda ingin melihat profil kemudian ingin menambahkan foto pada akun Anda, klik User Profile kemudian klik menu dibagian pojok kanan atas dashboard (kotak warna merah)



10. Katalog Apps. Seperti yang sebelumnya dijelaskan bahwa Anda dapat melihat semua kategori layanan yang disediakan Bluemix untuk penggunanya. Mulai dari Infrastructure, Apps, dan Services. Pada menu katalog Apps, Anda diberikan pilihan untuk layanan aplikasi yang akan digunakan.


● Boilerplates


● Cloud Foundry Apps

● Mobile 


Penjelasan Mikroservis Bluemix
Anda telah mendapatkan keterangan tentang Catalogue dari penjelasan sebelumnya. Pada bab ini akan dijelaskan layanan apa saja yang ditawarkan pada pilihan menu Services. Dalam menu ini terdapat banyak sub kategori yang dapat Anda manfaatkan. 



Pada menu yang diberi kotak merah merupakan kategori layanan dari menu Services, seperti layanan Data & Analytics, Watson, Internet of Things, APIs, Security, DevOps, Application Services, dan Integrate. Adapun contoh sub kategorinya yaitu:

● Data & Analytics

○ Cloudant NoSQL DB
Database Cloudant fully-managed by IBM
 Compose for PostgreSQL
Postgres merupakan sumber objek-relasional database yang handal dan bisa disesuaikan. Dengan layanan compose ini membuat Postgre lebih baik, dengan cara mengelolanya untuk Anda.
○ Compose for RabbitMQ
RabbitMQ memungkinkan Anda untuk mendapatkan rute, track, dan pesan dengan tingkat persistensi yang dapat dikustomisasi.
○ dan sebagainya.

● Watson

 Personality Insights
Melakukan analisa kepribadian berdasarkan dokumen yang dihasilkan oleh seseorang.
○ Text-to-Speech
Sintesa Suara dari teks yang dimasukkan
○ Visual Recognition
Pengenalan objek visual
○ dan sebagainya

● Internet of Things

○ Internet of Things Platform
Layanan yang memungkinkan aplikasi Anda berkomunikasi dan mengkonsumsi data yang dikumpulkan oleh perangkat yang terhubung, sensor, dan gateway.
○ IoT for Electronics
Layanan ini mendukung perangkat yang ter-registrasi dan notifikasi bagi device Anda.
○ Flowthings.io
Layanan ini memberdayakan setiap pengembang atau organisasi untuk memanfaatkan instrumentasi pertumbuhan dari dunia Internet of Things dalam rangka untuk membangun solusi dengan kecerdasan, kesadaran kontekstual, dan efektivitas dalam operasi dan pengalaman Anda.
○ dan sebagainya

● APIs

○ API Connect
Solusi API yang komprehensif memungkinkan penciptaan otomatis dari API, sistem catatan sederhana, akses layanan mandiri bagi para pengembang internal dan pihak ketiga dan built-in keamanan serta tata kelolanya.

● Security

● DevOps

○Auto-Scaling
○Availability Monitoring
○Delivery Pipeline
○dan sebagainya.

● Application Services

○Blockchain
○Business Rules
○Data Cache
○dan sebagainya.

● Integrate

0 comments: