Pengenalan Bluemix Bluemix adalah layanan  cloud-PaaS (Platform as a Services) dari IBM , yang menawarkan layanan server virtual dan mem...

Berkenalan dengan Bluemix

Pengenalan Bluemix
Bluemix adalah layanan cloud-PaaS (Platform as a Services) dari IBM, yang menawarkan layanan server virtual dan membangun mikroservis dengan model-event. Secara garis besar Bluemix berfungsi sebagai platform cloud, analitik, penyimpanan, keamanan data, dan sebagainya. Selain itu Bluemix menyediakan lebih dari 30 layanan dalam platformnya. Contohnya pada Boilerplates, terdapat layanan seperti mobile cloud, node js web started, Internet of Things Starter, dan lain-lain.

Registrasi Bluemix

Langkah awal untuk membuat aplikasi menggunakan Bluemix adalah dengan registrasi Bluemix. Berikut langkah-langkah membuat akun bluemix :
  1. Buka alamat Bluemix.netkemudian klik Sign Up dipojok kanan atas

  1. Kemudian isikan detail yang diminta sampai dengan selesai. Setelah itu, klik Create Account.
  1. Setelah itu cek email Anda untuk melakukan konfirmasi.

  1. Kemudian log-in setelah verifikasi di https://console.ng.bluemix.net/ dengan menggunakan email dan password yang sudah Anda isi sebelumnya

  1. Anda akan dibawa ke halaman persiapan. Anda akan diminta untuk memilih lokasi layanan dari tiga tempat berbeda, yaitu Sydney, United Kingdom, dan United States. Kemudian anda dapat mengisi nama organisasi (bebas, hanya untuk identifikasi anda) dan selanjutnya klik tombol Create

  1. Setelah itu isi space Anda. Space adalah lingkup environment yang ingin anda bangun, misalnya dev, test, prod, dan sebagainya. Klik lagi tombol create


  1. Lalu ada summarydan setelah semuanya sesuai dengan keinginan anda, silakan klik tombol I’m Ready

  1. Setelah itu anda akan dibawa ke dashboard Apps. Anda akan dapat melihat beberapa informasi yang telah anda masukkan sebelumnya. Juga anda dapat melihat sisa masa trial anda (tersedia dalam kotak warna putih)Untuk memulai membuat aplikasi, silakan klik Create Application

  1. Sampai dengan tahap ini, Anda sudah bisa menggunakan bluemix. 

Tersedia beberapa layanan Bluemix yang dapat digunakan pada Apps dan Services. Anda dapat menemukan beberapa “starter” yang sudah siap hingga level app, atau anda bisa membangun aplikasi anda dengan infrastruktur yang tersedia.


Akses Free Akun
Bagi Anda yang pertama kali menggunakan Bluemix, setelah melakukan registrasi, disediakan layanan free trial selama 30 hari. Selama masa free trial ini, Anda mendapatkan layanan runtime dan memori kontainer sampai dengan 2 GB, akses ke 10 layanan Bluemix lainnya tanpa memerlukan pembayaran dengan kartu kredit, dan mendapatkan 1 sertifikat SSL. 

Setelah melewati batas free trial, aplikasi di akun Anda dihentikan. Namun, Anda masih dapat mengakses akun. Anda dapat memilih jenis account dan hanya membayar layanan dengan model Pay-As-You-Go (membayar apabila penggunaan lebih dari batas standar)

Jika Anda tidak mengupgrade akun setelah free trial berakhir, Anda akan menerima notifikasi email tentang status akun Anda setelah trial berakhir. Notifikasi sebagai pengingat untuk membuat akun berbayar Anda sehingga pengaturan dan konfigurasi aplikasi anda tidak akan hilang. Jika tidak ingin menerima notifikasi ini dari Bluemix, Anda dapat berhenti berlangganan setiap saat. Satu bulan setelah berakhirnya trial, aplikasi dan konfigurasi layanan dihapus.
Melengkapi data Pembayaran dengan Voucher dan Kartu Kredit

Model pembayaran yang diterapkan oleh Bluemix adalah Pay-As-You-Go (bayar sesuai penggunaan anda). Terdapat 2 pilihan yang dapat digunakan untuk pembayaran, yaitu dengan memakai Voucher atau Credit Card (CC).

  1. Klik Account di pojok kanan atas, arahkan ke billing.
  1. Kemudian pada menu Billing, terdapat informasi tentang tipe akun dan info untuk memasukkan kode voucher atau kartu kredit

  1. Jika Anda ingin mengupgrade akun, tinggal pilih ingin dengan memasukkan kode voucher atau dengan kartu kredit. Klik Add Credit Card jika Anda membayar dengan kartu kredit

  1. Selanjutnya lengkapi data profil anda dan masukkan nomor kartu kredit Anda. Jangan lupa mencentang I accept the Cloud Services terms, kemudian klik Next.
Untuk layanan voucher, Sales Bluemix atau perwakilan Bluemix lainnya sering memberikan voucher. Dengan menerapkan voucher, Anda bisa mendapatkan sumber daya tambahan atau kapabilitas yang disediakan oleh Bluemix untuk akun free trial Anda.

Sumber daya atau kapabilitas sering bervariasi bergantung pada kode tertentu, tetapi dapat mencakup satu atau lebih dari item berikut:
  • Meningkatkan kuota memori ke sejumlah GB yang dispesifikasikan oleh kode promo
  • Menambahkan satu organisasi, dengan kuota memori yang ditentukan oleh kode promo
  • Menambah organisasi dalam jumlah tak terbatas
  • Mengunggah tambahan jumlah sertifikat SSL, sebagaimana ditentukan oleh kode promo
  • Menggunakan rencana layanan premium.

Catatan: Anda dapat menggunakan beberapa kode promo ke akun Anda. Setiap kode promo dapat di redeem hanya sekali sebelum tanggal berakhirnya kode. 

Berikut adalah contoh apabila anda telah menggunakan sistem pay-as-you-go


Sebagai tugas pertama anda, mohon kirimkan:


1. Screenshot dashboard anda yang terlihat sisa masa trial  dan tanggal-jam di komputer anda (gunakan fasilitas printscreen, yang wajib ada pada gambar dibawah ini dilingkari warna kuning)
2. Screenshot email konfirmasi pendaftaran ke Bluemix yang terlihat:
- Email anda yang teregistrasi ke Bluemix
- Tanggal penerimaan email
contoh untuk anda yang menggunakan outlook, dua hal yang diberi lingkaran kuning wajib ada
Untuk anda yang menggunakan webmail (misalnya gmail):
Kedua gambar tersebut silakan di ZIP/RAR kemudian dikumpulkan dibawah ini.

0 comments: